jump to navigation

Mahasiswa kok tindakannya norak??? Juni 24, 2008

Posted by ramadhanchan in Aku dan Sekitarku.
Tags:
trackback

Petang ini, 24 Juni 2008 … selesai melepas lelah setelah pulang dari kampus yang jaraknya dari rumah sekitar 27 kilometer, saya pun duduk di sofa sambil memperhatikan televisi yang telah menyala. Pindah-pindah saluran mencari acara yang asik… dan pikiranku pun berlabuh di salah satu saluran tv yang menayangkan berita. Saya pun memperhatikan secara seksama berita yang menampilkan berbagai peristiwa di penjuru tanah air. Tak lama, muncul berita yang … membuat saya menggerutu. Dari headline-nya “Demo Kenaikan Harga BBM”, wah, masih ada juga yah mahasiswa yang demo. Pikiran saya sih masih lurus-lurus saja. Tak lama kemudian… terlihat video dimana sekumpulan massa yang terdiri dari para mahasiswa tampak sedang menggoyang-goyangkan pagar DPR hingga roboh…

???? Bengong saya dibuatnya… apa-apaan ini?! kemudia tampak lagi peristiwa yang bikin otak saya memanas… sekumpulan orang tampak merusak dan menggulingkan mobil milik pemerintah.

Seribu kutuk gendeng, sumpah serapah saya keluarkan dari mulut saya! Kenapa seorang intelektual bangsa bertitel MAHASISWA melakukan tindakan yang sangat anarkis seperti itu? Tidakkah mereka malu dengan gelar SISWA yang sudah mencapai tingkat MAHA tersebut berperilaku seperti preman yang tidak berpendidikan? Tidak bisakah otak lebih berbicara daripada otot?

Kenaikan BBM memang membuat beban kita sebagai rakyat biasa menjadi semakin berat! Toh itupun saya sadari, uang jajan saya yang tak seberapa harus di’sunat’ karenanya. Ngedumel juga waktu pemerintah dengan resmi menaikkan harga BBM. Tapi saya berpikir bahwa itu mungkin harus terjadi. Pergerakan harga minyak dunia yang tidak stabil, membuat pemerintah harus mencari berbagi strategi untuk mengamankan perekonimian negara dan… dinaikanlah harga BBM.

Huh…!

Kalau kemudian rakyat berang juga sangat wajar… masuk akal gitu…

Tapi kalau kemudian demo anti kenaikan BBM yang dilakukan mahasiswa berujung ke tindakan anarkis yang merusak apakah sesuatu yang cukup wajar juga? Saya akan jawab… TIDAK! Tidak tidak dan tidak. Mereka pikir apa yang telah mereka rusak itu dibuat dengan uang jajan mereka… semua yang mereka rusak itu berasal dari uang RAKYAT yang ironisnya mereka anggap sedang mereka bela. Rasanya itu semua menjadi sebuah paradok yang bikin ngenes hati.

Para mahasiwa berkoar-koar bahwa apa yang sedang mereka lakukan adalah untuk rakyat tapi pada tindakannya justru merusak barang yang notabene dibiayai rakyat. Apakah hal seperti itu tak terpikirkan sebelumnya…entahlah…

Rasanya kok kurang bijak atas apa yang dilakukan para mahasiswa di Jakarta hari ini… Saya pun mahasiswa juga tapi kok enggak sampai hati merusak barang saat ikut demontrasi…

Apakah rakyat lebih suka dengan tindakan mahasiswa yang seperti itu atau lebih suka dengan mahasiswa yang tekun belajar agar kelak ilmu yang ia terima di perkuliahan bisa membantu negara dan rakyat biasa?

Hmmmmm… saya lebih suka menjadi mahasiswa yang tekun belajar agar kelak ilmu yang saya kuasai bisa berguna untuk orang kebanyakan… misalnya saya menemukan sebuah formula rahasia yang bisa mengubah air menjadi bensin, membuat sebuah LSM yang membantu perekonomian rakyat kecil, membuat sebuah mobil berbahan bakar super irit… bukankah itu lebih berguna bagi rakyat daripada berkoar-koar tidak jelas dimana aspirasinya belum tentu didengar dengan orang yang di DPR sana…

Hiks hiks hiks…

Komentar»

1. CILANG - Juni 25, 2008

Mahasiswa jaman sekarang mang pada aneh, ane jadi pusing dibuatnya!

2. herman lasrin - Juni 25, 2008

mahasiswa sekarang harus berpikir jernih dalam bertindak yang mengatasnamakan rakyat. betul, mana predikat MAHA – SISWA yang katanya komunitas intelek. sekali lagi berpikir jernih

3. amanda - Juni 25, 2008

Mahasiswa norak? Hmmm… HimLaude engga tuh! HAHAHAHA.

hehehehehe… kayaknya enggak tuh! Yang himlaude gak mungkin norak! Eh makasih atas kunjungannya…

4. Inra - Juli 3, 2008

Norak??? waduh…. sangat disayangkan Pola Pikir anda ini, Sukarno Turun Karna Apa Demo Mahasiswakan !!! Suharto Turun Karna Apa Demo Mahasiswa kan… Anda Masih Enak2kan duduk sambil nonton sambil mencela… Mending turut simpati dan berdoa supaya negri ini berubah, kalo memang dikau ndak berani ikut demo ok, merdeka😀

Hehehehehe… apakah harus dengan kekerasan dan aksi anarki merusak barang,gedung dan kendaraan? Itu yang sebenarnya saya sesalkan! Tentang apa yang mereka perjuangkan bagi saya sangat saya hormati… tapi jangan sampai kebebasan pengungkapan pendapat menjadi sesuatu yang kebablasan!

5. Yasir Alkaf - Juli 7, 2008

memang agak disayangkan siy, apalagi kata salah seorang pentolannya yindakan mereka itu bukan anarkis. Tapi mungkin menurut saya mahasiswa tdk akan sampai berbuat sprti itu jika pemerintah mau mendengarkan atau paling tdk mau menemui mereka. Ketika ada demo pasti jawaban pemerintah silahkan berdemo karena itu adalah hak setiap orang. Di sini salah pemerintah demo/unjuk rasa dianggap sbg angin lalu saja. Tdk ada tanggapan sama sekali. Akhirnya ya jadi seperti itu deh..

Yap, mahasiswa bukan generasi anarkis…!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: